Jumat, 10 Januari 2014

Jelajah Kuliner Unik Nusantara




         Gambar di atas mewakili makanan masyarakat daerah Sibolga, Tapanuli-tengah. Masyarakat disini memang identik dengan 'seafood' nya, mereka mengatakan tidak warga disini jika tidak mengenal yang namanya manyambam atau dalam bahasa Indonesianya ikan bakar. Masyarakat negri berbilang kaum dengan wisata sejuta pesona ini memang unik, hampir setiap hari baik itu dalam rumah tangga masyarakatnya atau di rumah makan di daerah ini wajib memakan yang namanya ikan bakar. Tidak cuma ikan bakar, masih banyak lagi jenis makanan yang khas dengan masyarakat disini sebut saja panggang geleng, panggang paccak, dan ini semua terbuat dari jenis ikan laut yang biasa dimakan masyarakat disini, hal ini dikarenakan karakter masyarakat disini yang bagaikan batu karang, kokoh walaupun  ombak datang menghantam.
 
       Mengenai makanan khas daerah lain seperti Padang identik dengan rendangnya, berhubung karena Sibolga, Tapanuli-tengah masyarakat padangnya banyak maka makanan khas dari Padang banyak dijumpai di rumah makan padang yang berada disini dan khusus bagi penulis sendiri berhubung dulunya alumni kuliah di Padang dalam hal penyajian makanan padang sangat unik karena pelayan bisa membawa berbagai jenis masakan padang di kedua tangannya, jadi makanan padang sudah hal yang biasa untuk dinikmati. Palembang siapa yang tidak mengenal daerah sungai musi ini identik dengan mpek-mpek dan pastinya tidak lengkap bumbu kuahnya jika tidak ada cuka, dan untuk menikmati makanan ini daerah sumatra cukup banyak dijumpai yang menjualnya.

        Daerah Balikpapan, Denpasar jujur saja makanan khas daerahnya penulis tidak mengetahui cukup detail tentang makanan khas dari daerah ini, Manado makanan khas katanya bubur manado atau yang biasa disebut  tinutuan, bubur dari nasi yang berwarna oranye kekuning-kunigan dan sangat khas dari warna dan penyajiannya. Didalam bubur ini juga terdapat berbagai macam sayuran seperti labu kuning atau ubi merah, daun kemangi, daun gedi, jagung, bayam serta kangkung ini info yang penulis dapat dan cukup antusias untuk mencicipi bubur ini.

        Indonesia dengan tiga puluh empat provinsi memiliki makanan kuliner yang unik khas daerahnya masing-masing. Dari ketiga puluh empat provinsi tersebut hanya lima kota yaitu Padang, Palembang, Balikpapan, Denpasar, dan Manado yang menjadi sasaran Daihatsu Blog Competition untuk mengenal makanan kuliner khas dari kelima daerah masing-masing tersebut, tulisan ini dimaksudkan untuk mengikuti lomba blog yang diadakan www.daihatsu.co.id dan mudah-mudahan penulis dapat kembali menulis hal-hal lainnya jika penulis terpilih sebagai pemenang dalam kontes lomba blog ini. Terimakasih.

Tidak ada komentar: